Welcome

***Selamat datang di blog resmi Sofian Siregar*** Semoga blog ini bermanfaat. Mohon maaf kalau ada kata yang salah. Terimakasih telah berkunjung!

Thursday, April 2, 2015

Ciri Orang Terpelajar

HARSJA W. BACTIAR mengatakan bahwa ciri-ciri orang yang terpelajar, antara lain:
1. Orang terpelajar harus mampu berpikir dan menulis secara jelas dan tepat guna.
2. Seorang terpelajar harus bisa menghargai dengan kritis cara-cara kita memperoleh dan menerapkan  pengetahuan dan pengertian tentang alam semesta, masyarakat dan diri kita sendiri.
3. Seorang terpelajar dalam 1/3 abad terakhir ini, tidak bisa seperti 'Katak Dalam Tempurung' dalam arti tidak mempunyai pengetahuan kebudayaan dari zaman lain. Tidak mungkin kita mengatur kehidupan tanpa melihat dunia yang lebih luas dimana kita hidup.
4. Seorang terpelajar diharapkan mempunyai pengertian tentang masalah moral dan etika, pernah belajar secara serius tentang moral dan etika, mengenai dirinya sendiri dan orang sekitar dan lingkungannya.

5. Seorang terpelajar harus memiliki pengetahuan pada suatu bidang keahlian tertentu, pengetahuan yang tumbuh bertambah adalah cara yang tepat untuk mengembangkan daya kemampuan untuk menalar dan membuat analisis yang kian lama bertambah besar.

Dikaitkan dengan perguruan tinggi sebagai wadah melahirkan orang-orang terpelajar:
 
Dengan tidak mengurangi makna penting Dharma ke-1 dan ke-2 yang langsung berhubungan dengan masyarakat adalah Dharma ke-3. Hal ini menunjukkan bahwa perguruan tinggi (mahasiswa) harus mempunyai hubungan yang erat dengan masyarakat yang meliputi semua manifestasinya yang berupa kebuadayaan yang beraneka ragam.

Pengetahuan terbatas pada bidang keahlian saja tidak cukup untuk menyelenggarakan tridharma perguruan tinggi sehingga universitas dituntut untuk melahirkan orang-orang terpelajar yang lebih mampu untuk menanggapi persoalan-persoalan masyarakat dan negara dengan menggunakan pemikiran dibanding dengan orang yang tidak pernah duduk di universitas.

Disadur dari perkuliahan Ilmu Budaya Dasar oleh Ibu Rabiatul Syariah

No comments:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar dengan baik!